‘Sedulur Sikep’, Bertahan di Era Global

30 01 2012

Sedulur sikep, begitulah orang menyebut komunitas samin yang masih bertahan di dukuh Kaliyoso, Desa Undaan, Kec. Undaan, Kab. Kudus ini. Satu komunitas masyarakat yang banyak dianggap negatif karena ke khas-an yang dimilikinya. Sedulur sikep hidup di Blora, Pati dan Di Kudus seperti di desa Karangrowo dan Kutuk. Di Karangrowo, jumlah komunitas ini tidaklah banyak, hanya sekitar 40 keluarga. Adapun punggawa sedulur sikep Karangrowo adalah Mbah Wargono bersama istrinya, Mbah Niti. Sedulur sikep atau yang banyak disebut oleh orang sekitar dengan sebutan wong samin.

Banyak orang yang berpandangan negatif pada mereka, hal ini disebabkan karena mereka tidak menurut aturan yang pemerintah buat, seperti agama atau kepercayaan yang mereka anut, KTP dan lainnya. Mereka hanya bersedia menganuti apa yang mereka anggap benar, sederhana saja. Samin sendiri adalah nama dari sesepuh sedulur sikep, yaitu Samin Surosentiko. Gerakan atau komunitas ini lahir pada jaman kolonial Belanda. Inti dari komunitas ini adalah perlawanan dan pertahanan atau lebih tepatnya resistensi dari pemerintahan kolonial pada saat itu.

Pakaian yang mereka kenakan pun tidak sama dengan orang pada umunya. Pakaian yang mereka kenakan adalah celana pendek berpadu dengan kemeja yang serba hitam, sedangkan bagi perempuan memakai kebaya hitam dan jarik. Pakaian yang tidak biasa ini menyimbolkan tentang perlawanan yang mereka lakukan dengan menggunakan celana tidak panjang, celana panjang pada saat itu hanya dipakai yang kolonial. Dari situ terlihat mereka ingin sekali keluar dari belenggu penjajahan. Hingga saat inipun mereka masih melestarikannya, itu yang menjadi pesona. Saat yang lain bangga dengan segalanya yang serba barat, tetapi mereka tetap bangga dan memegang teguh apa yang mereka yakini dan punya.

Sungguh, betapa saat ini susah ditemui masyarakat yang demikian. Berikut ini gambar Mbah Wargono dan Mbah Niti yang berhasil diambil bersama Tim I KKN Undip Semarang 2012 ketika ditugaskan mengabdi di desa Karangrowo.

samin karangrowo

Mbah Wargono, Mbah Niti dan Tim I KKN Undip Semarang 2012


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: